Minggu, 22 April 2012


Pengenalan power point 2000

A. Baris Judul (Title Bar)
Seperti yang ditampilkan pada Gambar 4.2, baris judul (title bar) terletak dibagian kiri atas jendela Microsoft Excel. Baris judul (title bar) berfungsi untuk menampilkan nama file lembaran kerja yang sedang dibuka. Apabila lembaran kerja yang sedang dibuka belum pernah disimpan; maka secara default lembaran kerja tersebut diberi nama Book1, Book2, dan seterusnya.
http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal21.jpg
Gambar 4.2 : Baris Judul (Title Bar) menampilkan nama file lembaran kerja
B. Kontrol Jendela (Control Window)
Kontrol jendela terletak dibagian kanan atas jendela Microsoft Excel sejajar dengan baris judul. Kontrol jendela berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kiri berfungsi untuk meminimize jendela Microsoft Exce. Tombol tengah berfungsi untuk mengecilkan atau memperbesar tampilan jendela Microsoft Excel. Tombol paling kanan berfungsi untuk menutup jendela Microsoft Excel.
http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal22.jpg
Gambar 4.3 : Kontrol jendela (Control Window)
C. Baris Menu (Menu Bar)
Baris menu (Menu bar) memuat menu-menu yang terdapat di Microsoft Excel (Gambar 4.4). Masing-masing menu tersebut mempunyai perintah-perintah yang dikelompokan sesuai dengan fungsi perintah-perintah yang berhubungan. Perintah-perintah yang terdapat pada sebuah menu akan ditampilkan apabila menu tersebut diklik.
http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal23.jpg
Gambar 4.4 : Baris menu (Menu Bar)
Microsoft Excel mempunyai 9 buah menu, yaitu sebagai berikut:
  1. Menu File
    Menu File memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan file-file lembaran kerja. Perintah yang terdapat di menu File antara lain: Open, New, Close, Print,Page Setup, Exit dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.5

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal24.jpg
Gambar 4.5 : Tampilan pulldown menu File
  1. Menu Edit
    Menu Edit memuat perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Edit antara lain: Undo, Copy, Paste, Delete, Find, Replace, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.6

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal25a.jpg
Gambar 4.6 : Tampilan pulldown menu Edit
  1. Menu View
    Menu View memuat perintah-perintah untuk mengatur apa saja yang ditampilkan di jendela Microsoft Excel dan mengatur bagaimana tampilan sebuah lembaran. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu View antara lain Normal, Page break Preview, Task Pane, Toolbars, Formula bar, Status Bar, Header and Footer, Comments, CustomViews, Full Screen, Zoom. Seperti terlihat pada Gambar 4.7

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal25b.jpg
Gambar 4.7 : Tampilan pulldown menu View
  1. Menu Insert
    Menu Insert memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan penyisipan. Perintah yang terdapat di menu Insert antara lain: Cells, Rows, Columns, Worksheet, Chart, Symbols, dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.8

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal27a.jpg
Gambar 4.8 : Tampilan pulldown menu Insert
  1. Menu Format
    Menu Format memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan sel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Format antara lain: Cells, Row, Column, Sheet, Autoformat, Style dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.9

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal27b.jpg
Gambar 4.9 : Tampilan pulldown menu Format
  1. Menu Tools
    Menu Tools memuat perintah-perintah pendukung untuk pengaturan lembar kerja. Perintah-perintahnya antara lain: Speeling, Speech, Protection, Macro, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.10

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal27c.jpg
Gambar 4.10 : Tampilan pulldown menu Tools
  1. Menu Data
    Menu Data memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan data. Perintah yang terdapat di menu Data antara lain: Sort, Filter, SubTotal, Table, TexttoColumn dan lain-lain seperti terlihat pada Gambar 4.11

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal28a.jpg
Gambar 4.11 : Tampilan pulldown menu Data
  1. Menu Window
    Menu Window memuat perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tampilan lembaran kerja. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Window antara lain: New Window, Arrange, Hide, Split, Freeze Panes, dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.12

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal28b.jpg
Gambar 4.12 : Tampilan pulldown menu Window
  1. Menu Help
    Menu Help memuat bantuan yang umum diperlukan untuk menjelaskan fungsi dan contoh penggunaan perintah di Excel. Perintah-perintah yang terdapat dalam menu Help antara lain Microsoft Excel Helps, Show Office Assistant, Contact Us, Check for Update dan lain-lain. Seperti terlihat pada Gambar 4.13

    http://e-dukasi.net/file_storage/materi_pokok/MP_226/Image/hal28c.jpg
Gambar 4.13 : Tampilan pulldown menu Help


Menu Toolbar Microsoft Excel

http://tutorial.yodey.net/AdminArea/upload/gambar/compressed/31.jpgMenu toolbar adalah menu yang dilambangkan dalam bentuk gambar yang berfungsi untuk mempercepat suatu perintah. Toolbar mewakili beberapa penrintah yang terdapat dalam menu pull-down. Toolbar dikelompokkan berdasarkan fungsi yang saling berhubungan dan berdekatan, seperti pada menu pull-down. Secara default, toolbar yang aktif terdiri atas toolbar standard dan formatting. Kamu dapat menambahkan toolbar lainnya dengan cara sebagai berikut.

  1. Klik menu view
  2. Arahkan pointer mouse pada toolbars.
  3. Klik toolbar yang akan diaktifkan(hingga muncul tanda centang), misalnya toolbar drawing.
  4. Kemudian akan tampil toolbar drawing di bawah lembar kerja excel.
http://tutorial.yodey.net/files/menu_excel.jpg

Menambahkan menu toolbar
http://tutorial.yodey.net/files/excel_shapes.jpg
Toolbar drawing

Untuk menghilangkan menu toolbar dapat dilakukan dengan perintah yang sama, yaitu dengan menghilangkan tanda centang pada toolbar yang ingin dihilangkan.
  • Toolbar Standar
Berfungsi untuk membuat file baru, membuka file baru, menyimpan, mencetak dokumen, dan sebagainya. Berikut fungsi dari masing-masing icon pada toolbar standar
  1. New                            :     Membuat file baru dengan menampilkan buku kerja baru
  2. Open                           :     Membuka file yang sudah pernah disimpan
  3. Save                            :     Menyimpan file atau dokumen
  4. E-mail                          :     mengirim dokumen melalui email
  5. Search                         :     mencari text atau data pada lembar kerja
  6. Print                            :     Mencetak dokumen ke printer
  7. Print Preview       :     Menampilkan hasil pengetikan kelayar monitor
  8. Spelling                  :     Melakukan koreksi terhadap ejaan bahasa
  9. Cut                           :     Memotong teks ataupun object
  10. Copy                        :     mengopi teks atau object
  11. Paste                       :     Menempatkan hasil potongan(cut) atau kopian
  12. Format Painter    :     Mengopi format painter (bentuk pewarnaan)
  13. Undo                       :     Membatalkan perintah terakhir
  14. Redo                       :     Mengulangi kembali perintah akibat pembatalan
  15. Insert Hyperlink  :     Menyisipkan link
  16. Auto sum              :     Fungsi penjumlahan data secara otomatis
  17. Sort Ascending    :     Mengurutkan data dari yang kecil ke besar
  18. Sort Descending:     Mengurutkan data dari yang besar ke kecil
  19. Chart wizard         :     Membuat grafik dengan panduan excel
  20. Drawing                 :     Mengaktifkan/menyembunyikan toolbar drawing
  21. Zoom                      :     memperbesar/memperkecil tampilan lembar kerja

  • Toolbar formatting
Toolbar yang berfungsi untuk mengatur format pada teks atau data yang terdapat pada lembar kerja. Berikut fungsi dari icon2 pada toolbar formating
  1. Font                                 :           Menentukan jenis font yang digunakan
  2. Font Size                        :           Menentukan ukuran font
  3. Bold                                 :           Menebalkan teks
  4. Italic                                 :           Memiringkan teks
  5. Underline                      :           Menggaris bawahi teks
  6. Left                                  :           Perataan kiri teks
  7. Center                            :           Perataan tengah teks
  8. Right                                :           Perataan kanan teks
  9. Merge & Center         :           Menggabungkan sel dan mengetengahkan teks
  10. Currency Style             :           Mengaktifkan format angka(mata uang)
  11. Percent Style               :           Mengaktifkan format persen.
  12. Comma Style               :           Mengaktifkan pemisah angka
  13. Increase Decimal        :           Menambah angka desimal di belakang
  14. Decrease Decimal      :           Mengurangi angka desimal di belakang
  15. Increase Indent          :           Menambah indentasi
  16. Decrease Indent        :           Menambah indentasi
  17. Borders                          :           Membuat format garis
  18. Fill Color                         :           Membuat warna background
  19. Font Color                     :           Membuat warna font

  • Toolbar Drawing
Toolbar Drawing digunakan untuk membuat dan menggambar object dalam lembar kerja microsoft Excel.
  1. Select Object                       :           Memilih object
  2. AutoShapes                         :           Terdiri atas ikon-ikon untuk untuk menggambar suatu objek
  3. Line                                          :           membuat garis
  4. Arrow                                     :           membuat garis dengan anak panah
  5. Rectangle                              :           Membuat atau persegi panjang
  6. Oval                                         :           Membuat lingkaran dan elips
  7. Text Box                                :           membuat kotak yang dapat diisi dengan teks
  8. Insert Word Art                  :           menyisipkan seni teks
  9. Insert diagram                     :           menyisipkan diagram
  10. Insert clip art                        :           menyisipkan object gambar clip art
  11. Insert Picture                       :           menyisipkan file gambar
  12. Fill  Color                                :           membuat warna background pada sel/range
  13. Line color                               :           memberi warna pada object garis
  14. Font color                              :           membuat warna pada font
  15. Line Style                               :           Memilih model garis
  16. Dash Style                             :           memilih model garis putus-putus
  17. Arrow kay                             :           membuat anak panah pada object garis
  18. Shadow Style                       :           membuat model bayangan pada objek
  19. 3-D Style                                :           membuat model 3 dimensi pada objek gambar

Status bar
Worksheet Tabs – Anda dapat menyimpan lebih dari satu lembar kerja bersama-sama dalam satu grup yang disebut buku kerja (workbook). Sebagai contoh Anda bisa memiliki lembar kerja terpisah untuk setiap bulan dalam tahun pembukuan (2007). Anda bisa memberikan nama dengan menempatkan kursor pada nama sheet dan langsung mengetik. Secara standar, Excel membuka tiga lembar kerja.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjblyU5Ft9MzWNFq08ifhzgHM5yRpuxTDaELcv3Vu9bGipWN84VeLznoseOoID73zWQQe1qhqmxEAIXeXoqcnARKY6I8bXDhyphenhyphenFGTsHo8cFG0XPe6rv_Xpba7WqRhsSCyD4mrdvhxLqO41Vd/s320/excel_2003_worksheet_tabs.png




Scroll Bars – Scroll Horizontal dan Vertikal menyediakan bantuan untuk menggerakkan lembar kerja Excel. kotak scroll menampilkan posisi Anda dalam lembar kerja. Sebagai contoh, jika kotak scroll dekat di bawah batang scroll, maka Anda berada di awal buku kerja.

Status Bar – Jika status bar dalam keadaan on / hidup, maka akan terlihat di bagian bawah dari layar. Dan akan terlihat pesan-pesan dan feedback. Ikuti latihan yang tertera untuk mempelajari bagaimana menggunakan Status Bar.

1. Pilih View pada Menu Bar.
2. Klik tombol mouse. Sebuah menu drop down akan tampil.
3. Di menu drop down, jika Status Bar telah tercentang atau terpilih pada next to it, maka posisi dalam keadaan aktif / on. Tekan tombol Escape pada keyboard untuk menutup menu.
4. Jika Status Bar belum terpilih atau tercentang pada next to it, tekan panah bawah sampai menjadi terpilih, kemudian tekan tombol Enter. Status Bar seharusnya akan terlihat pada bagian bawah layar.

Pada kondisi ini, seharusnya Anda akan melihat tulisan “Ready” pada Status Bar di sisi kiri layar. Hal ini akan menjelaskan pada Anda bahwa Excel dalam mode Ready dan menunggu perintah Anda selanjutnya. Selain itu, masih ada indikator-indikator lain yang akan terlihat di Status Bar pada bagian bawah kanan layar.

Jendela presentasi
Area presentasi dapat berupa slide atau satu jendela penuh sesuai icon view yang di tunjuk pointer mouse.

Jendela outline
Area presentasi berupa outline dari slide yang sedang aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

 
" Umie Latifah " Design by: Yanmie at Permata Hatiku